Laman

Kamis, 20 Januari 2011

Tips Belajar Efektif



Stres gara-gara ujian nasional yang tinggal sebulan lagi? Ngerasa waktu buat belajar nggak bakal cukup? Tenang, Anak Trax, lo nggak perlu terlalu khawatir karena sebenarnya yang lo butuhin cuma tips belajar efektif seperti di bawah ini :
1. Bikin Ringkasan Catatan Pelajaran
Tinggalin deh catatan pelajaran yang panjang dan kebanyakan detail. Kita cukup belajar dari pokok-pokok kunci dari materi yang dikasih guru. Di rumah, sediain waktu 5-10 menit tiap hari buat ngebaca ulang catatan ringkasan pelajaran. Dijamin, dengan cara ini, lo secara psikologis udah siap mental karena garis besar seluruh materi udah lo pahamin.

2. Pilih Waktu Belajar Yang Tepat
Paling bagus kalau belajar pas badan masih segar, anak Trax. Waktu paling oke adalah sebelum makan malam atau beberapa jam sesudahnya. Selain proses belajar bakal lebih cepat, kita juga nggak perlu belajar sampai tengah malam.

3. Bentuk Kelompok Belajar
Kedengarannya kuno? Jangan salah, karena metode ini tetap efektif lho. Caranya, kumpulin aja 4-5 orang teman dalam satu kelompok. Terus, bagi rata materi yang bakal ditanyain dalam tes ke tiap orang. Setiap anggota harus mempelajari materi yang sudah dipilih sampai paham, dan mengajarkan ulang ke anggota yang lainnya. Dengan cara ini, dijamin lo nggak bakal ngantuk deh. Tapi, pilih anggota kelompok belajar yang memang punya misi yang sama ya!

4. Pilih Tempat Belajar Yang Tenang

5. Pelajari Materi Yang Masih Belum Dipahami
Jangan buang-buang waktu lo dengan mempelajari item yang udah lumayan dikuasai. Ganti dengan memilih materi yang masih belum dimengerti dan pelajari terus sampai akhirnya lo bisa membuat konsep dengan bahasa lo sendiri.

6. Jangan Lupa Istirahat
Tiap 1 jam belajar, coba deh buat rileks, stretching atau jalan-jalan sebentar. Abis itu, balik lagi ke buku. Jangan begadang, dan jangan panik.  Just do your best.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar